HEBAT!! Ini Gagasan Manajemen Haji dari BUNG KARNO Yang Diterapkan Saudi



ISLAMSEJATI.COM. Presiden pertama kita Bung Karno memang memiliki konsep pemikiran yang luar biasa. Ide-idenya banyak diterima para pemimpin dunia, dan menjadi solusi bagi beberapa permasalahan.  Berikut adalah beberapa sumbangsih pemikiran Bung Karno untuk Arab Saudi, yang sudah dilaksanakan.

Selain gagasan untuk menghijaukan Padang Arafah dari Bung Karno yang diterima oleh Raja Arab Saudi, sehingga kemudian Raja Arab Saudi memberikan penghargaan dengan menamai pohon di Padang Arafah sebagai “Pohon Soekarno”, gagasan besar lain dari Presiden Soekarno di Arab Saudi saat ia berhaji yaitu pembuatan tiga jalur tempat sa’i, lari-lari kecil bolak-balik tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya. Gagasan itu tampaknya direspons Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Karenanya, kini tempat sa’i antara Bukit Safa dan Marwa terbagi menjadi tiga jalur.

Jalur pertama adalah dari Bukit Safa ke Bukit Marwa. Jalur kedua adalah dari Bukit Marwa ke bukit Safa. Jalur ketiga berada di tengah-tengah antara jalur pertama dan kedua yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah uzur atau cacat fisik dengan menggunakan kursi roda.

Bung Karno telah memberi gagasan-gagasan besar dan penting yang terbukti konstruktif dalam management pelaksanaan haji agar lebih nyaman dan rapi. Tampaknya, pemerintah negeri ini patut melanjutkan ‘warisan’ Bung Karno itu dengan terus memberi ide-ide brilian bagi pengaturan pelaksanaan haji, agar insiden-insiden semacam Tragedi Mina 2015 dapat terminimalisir, atau bahkan terhindari. Semoga!

sumber: sejarah RI

Postingan terkait: