WADUH!!! Raja Arab Saudi Abaikan Kedatangan Obama



ISLAMSEJATI.com- Ketika mengunjungi Arab Saudi dalam pertemuan dengan Negara Teluk, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tampak diabaikan oleh Raja Arab Saudi. Tampak tidak ada keluarga kerajaan yang menyambutnya di bandara.

Obama datang ke Arab Saudi untuk membahas isu penting mengenai cara mengatasi kelompok militan Islamic State (ISIS).

Sementara hubungan antara kedua negara terus mengalami pasang surut. Masalah yang menjadi pemicu kemarahan Arab Saudi terhadap AS saat ini adalah, sebuah undang-undang yang diloloskan oleh Kongres AS, yang bisa berujung kepada tuntutan hukum diarahkan kepada Arab Saudi mengenai keterlibatan serangan 9/11.

Obama sendiri menolak undang-undang itu dan mengancam untuk memveto jika diajukan kepadanya. Namun dengan ketidakhadiran Raja Salman untuk menjemput Obama di bandara, menunjukkan kemarahan dari pihak Arab Saudi.

Sebelum kedatangan Obama, televisi Arab Saudi menunjukkan bagaimana Raja Salman menyambut langsung para pemimpin Negara Teluk di Pangkalan Udara Raja Salman.

Menurut pengamat Gulf Research Centre Mustafa Alani mengatakan, keputusan Arab Saudi untuk tidak mengirim delegasi tingkat tinggi untuk menyambut Obama sangat tidak biasa. Bagi Alani, ini menunjukkan bahwa Arab Saudi tidak yakin dengan Obama.

"Obama akan berhadapan dengan kepemimpinan yang tidak siap untuk mempercayai dirinya," ujar Alani kepada televisi Arab Saudi, seperti dikutip Associated Press, Kamis (21/4/2016).

"Arab Saudi memiliki masalah dengan pemerintahan AS sebelumnya. Kini Arab Saudi tidak percaya dengan Presiden Obama," ucapnya.

Obama akhirnya melakukan pertemuan pribadi dengan Raja Salman. Kemudian dia turut serta dalam pertemuan regional yang diikuti pemimpin Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Oman dan Bahrain.

Sementara pertemuan ini difokuskan pada stabilitas regional dan upaya melawan terorisme. Salah satu yang dibahas adalah perlawanan melawan ISIS dan Al Qaeda serta hubungan dengan Iran setelah tercapai kesepakatan nuklir antara Iran dengan Barat.(*)


Sumber:http://internasional.metrotvnews.com/read/2016/04/21/516872/raja-arab-saudi-abaikan-kedatangan-obama

Postingan terkait: