Masjid Terdalam Di Dunia Ada Di Indonesia



ISLAMSEJATI- Sebagai seorang muslim tentu sering kali singgah di masjid baik itu untuk menunaikan ibadah maupun untuk berekreasi di masjid-masjid yang menawarkan nuansa eksotis religius. Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia tentunya banyak masjid yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Tapi pernahkah teman  singgah di Masjid terdalam di Dunia?

Masjid terdalam di dunia hanya ada di Papua, tepatnya di tambang Underground DOZ milik PT Freeport Indonesia. Masjid Ash-Habul-Kahfi dibuka untuk kali pertama pada tanggal 29 September 2009, semenjak itu resmi Masjid tanpa kubah itu digunakan oleh Muslim pekerja Freeport.



Fasilitasnya juga tak kalah dengan masjid-masjid lainnya, bahkan Masjid di kedalaman gunung itu menawarkan tempat wudlu dengan air hangat. Bukan tanpa alasan, tambang Freeport yang berada di pegunungan membuat air yang biasa digunakan sangat dingin, bahkan dibeberapa tempat suhu udara bisa mencapai minus derajat celcius. Untuk itu, Freeport sangat peduli bagi muslim yang ingin menunaikan ibadah, yakni diberi fasilitas air hangat agar ibadah yang ditunaikan semakin khusuk.


Tapi jangan membayangkan bentuk masjid seperti biasanya, masjid ini tidak memiliki kubah karena atapnya langsung bebatuan tanpa plafon. Jangan heran, memang pemandangan di seluruh kawasan underground tambang ya seperti itu. Tapi jangan khawatir, Freeport menjamin keselamatan mukmin yang menunaikan sholat disitu bahwa tak akan terjadi longsor.

Memang tak terlalu besar ukurannya, namun cukuplah untuk menampung karyawan muslim Freeport di tambang underground. Oya, di Masjid itu pula disediakan sarung bersih dan kopiah beserta tempat penitipan pula, agar para penambang bisa menggunakan pakaian bersih untuk beribadah kepada Allah SWT.



Wah, kepedulian Freeport soal keyakinan para pekerjanya perlu diapresiasi besar sepertinya.
Bagaimana? Apa tertarik untuk merasakan pesona beribadah di bawah tanah? Jika berminat, sepertinya anda harus menjadi karyawan Freeport terlebih dahulu. Pasalnya, tidak sembarang orang bisa masuk ke lokasi tambang karena alasan keselamatan.


Sumber:http://www.jitunews.com/read/12831/pesona-masjid-di-tambang-underground-freeport

Postingan terkait: