Paus Fransiskus: Islam Bukan Terorisme


ISLAMSEJATI- Paus Fransiskus menyatakan, Islam tidak bisa disamakan dengan terorisme. Dia juga memperingatkan, negara-negara Eropa mendorong anak muda mereka ke tangan para ekstrimis.

"Tidak benar dan tidak tepat mengatakan bahwa Islam adalah teroris. Saya rasa tidak benar menyamakan Islam dengan kekerasan," ujar Paus Fransiskus kepada sejumlah wartawan di atas pesawat kepausan dalam perjalanan dari Polandia, seperti dilansir Asia One.

Paus Fransiskus membela keputusannya untuk tidak menyebutkan Islam saat mengutuk pembunuhan pendeta katolik di Prancis. Kala itu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan di gereja di kawasan utara Prancis tersebut.

"Hampir setiap agama memiliki kelompok kecil fundamentalis, Katolik juga memilikinya. Jika bicara kekerasan di agama Kristen, setiap hari saya melihatnya di Italia; seseorang membunuh kekasihnya atau ibu mertuanya, dan mereka adalah penganut Katolik yang sudah dibaptis," imbuhnya.

Paus Fransiskus berbicara setelah umat Islam menghadiri misa Katolik yang dihelat gereja-gereja di seluruh Prancis. Misa bersama ini dimaksudkan sebagai aksi solidaritas atas pembunuhan pastur Katolik yang lehernya digorok di altar gerejanya.

Menurut Paus, agama bukanlah pendorong berbagai tindak kekerasan. "Anda bisa membunuh dengan lidah (ucapan-red) seperti halnya menggunakan pisau," ujar Paus sambil merujuk pada aksi rasisme dan xenofobia (ketakutan terhadap Islam).

Dia mengingatkan, Eropa harus melihat kembali ke dalam. Bahkan, Paus Fransiskus menyebut, terorisme tumbuh di mana uang menjadi tuhan dan tidak ada pilihan lain atas hal tersebut.

"Berapa banyak anak muda Eropa kita tinggalkan kosong dari berbagai contoh ideal dan tanpa pekerjaan sehingga mereka beralih ke narkoba, alkohol dan bergabung dengan kelompok fundamentalis?" ujarnya retoris.


Sumber:http://news.okezone.com/read/2016/08/01/18/1451723/paus-fransiskus-islam-bukan-terorisme

Postingan terkait: