Apa Hukum Pakai Celana Cingkrang? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad



IslamSejati.com - Muslim di Indonesia masih sering memperdebatkan apakah memakai celana isbal atau menutupi mata kaki masuk neraka atau tidak. Sebab banyak juga yang memilih untuk mengenakan celana cingkrang atau di atas mata kaki. 

Hal ini juga sudah pernah ditanyakan ke Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam video berjudul "Tanya Jawab (Kec Lirik Inhu)" sudah diposting di youtube. Berikut jawaban Ustaz Abdul Somad.

"Memahami hadist tak bisa satu saja. Ada hadist satu lagi yang mengatakan (isbal) kalau sombong. Kalau enggak sombong enggak apa apa kata Imam Syafii, Imam Nawawi, Imam Sauqani, Syekh Qardawi. Maka saya pakai pendapat para ulama. Kalau tidak sombong tidak apa apa," jawabnya dalam video tersebut.

"Jangan kelahi sama yang sudah potong kaki celana (cingkrang) sama yang belum. Kalau kelahi yang ketawa yang enggak pakai celana. Ini masalah khilafiah, tak usah kelahi," lanjut Dosen Hadis UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. 

Video ini sudah ditonton ribuan netizen atau warganet. Disarankan tidak menonton video ceramah UAS sepotong-sepotong. Hal itu untuk menghindari kesalah pahaman materi dakwahnya.

Sumber : riau24.com

Postingan terkait: