Wahai Para Suami, Ini Hukum Menikah Lagi Tanpa Izin Istri Pertama



IslamSejati.com - Praktek pernikahan siri di Indonesia masih sering terjadi. Nikah siri sangat tidak dianjurkan Ustaz Abdul Somad (UAS), karena dianggap merugikan pihak perempuan. 

Seorang jamaah pernah bertanya kepada Ustaz Abdul Somad (UAS) ketika berceramah di Deli Serdang, Medan. "Apa hukumnya suami menikah tanpa sepengetahuan istri?" tanya jamaah tersebut lewat secarik kertas. 

Mendapat pertanyaan ini Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa secara agama pernikahan tanpa sepengetahuan istri sah. "Nikahnya sah. Hanya saja masalahnya kita tinggal di negara kompilasi hukum Islam pakai mazhab Syafii. Mengandeng hukum konvensional. Tidak boleh menikah tanpa izin istri pertama," jelas Ustaz Abdul Somad. 

Hal tersebut dilakukan negara untuk menjaga hak-hak perempuan jika nantinya suami tidak memenuhi kewajibannya. "Caranya istri membuat atau menandatangani surat pernyataan bahwa tidak ada paksaan merestui suami nikah lagi. Nanti akan dibawa ke KUA yang kemudian dilakukan kroscek kepada istri pertama," kata UAS yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara ini. 

Ceramah dan tanya jawab Ustaz Abdul Somad dapat dilihat di media sosial (medsos) seperti youtube. Disarankan menonton hingga tuntas supaya tidak salah paham dengan materi yang dibawakan Ustaz Abdul Somad.

Sumber : riau24.com

Postingan terkait: